• Impactfind

Dilema Tim HR Selama COVID-19 Dan Cara Menghadapinya

Bukan rahasia umum kalau akhir-akhir ini tim HR dari hampir seluruh perusahaan mengalami dilema mendalam terkait pandemi COVID-19. Beberapa diantaranya adalah:


  • Salary arrangement: Apakah memungkinkan bagi perusahaan untuk membayarkan gaji seperti biasa dan disisi lain tetap bisa bertahan? Adakan opsi ekonomis lainnya yang bisa diambil?

  • Flexible work arrangements: infrastruktur seperti apa yang cocok dan efektif jika diimplementasikan selama bekerja di rumah

  • Employee communication: apakah semua dapat bekerja sama dan sepakat dalam berkomunikasi secara virtual/ digital?

  • Address employee concerns on workplace policies: memastikan karyawan mengetahui protokol kebersihan dan melakukannya selama bekerja di kantor

  • Implementation of preventive measures: apakah semua karyawan sepakat untuk tertib menjalankan peraturan kebersihan dimanapun mereka berada?

  • Review of current welfare policies: peraturan atau syarat apa yang berlaku agar karyawan bisa mendapatkan bantuan dari organisasi welfare

  • Employee Cut: haruskah memecat karyawan atau menawarkan unpaid leave?


Dengan kondisi ekonomi yang tidak menentu, kita harus ekstra berhati-hati dalam menyikapi keadaan dan mengambil tindakan. Beberapa saran yang dapat kami berikan adalah:


Tetap Tenang. We heard you! Kami mengerti bahwa ini bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin punya ketakutan tersendiri, tapi salah satu kunci sukses melewati situasi ini adalah tetap tenang. Ketika Anda tenang dan mulai berdiskusi dengan partner Anda, akan ada banyak sekali ide-ide yang bisa dijadikan solusi.


Jadilah proaktif: Ingatkan semua pihak dalam perusahaan termasuk seluruh jajaran pemimpin mengenai peraturan selama bekerja dirumah yang berlaku, seperti self hygiene dan himbauan untuk tetap tinggal dalam rumah agar tetap aman. Tanyakan mengenai keadaan mereka sehari-hari, adakah kendala dalam bekerja atau perihal yang mengusik mereka diluar pekerjaan. Tentu saja hal yang satu ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan tanpa mengusik privasi karyawan. Rutinlah berinteraksi dengan karyawan dan tim Anda dan ciptakan arus komunikasi yang nyaman dan lancar.


Stay updated. Cari informasi terbaru terkait penyebaran COVID-19 dari sumber terpercaya dan bagikan informasi itu kepada semua karyawan. Bukan tidak mungkin jika ada saja karyawan yang ketinggalan informasi walaupun sekarang semua itu bisa didapatkan dari internet. Ini berarti juga update informasi mengenai peraturan yang dikeluarkan pemerintah dan pemimpin perusahaan terkait kebijakan perusahaan terhadap karyawan.


Be practical. Kita memang perlu berhati-hati dalam mengambil tindakan, pertimbangan harus matang dan meliputi segala aspek, tapi jika proses pertimbangan itu memakan waktu yang terlalu lama, Anda akan jadi pusing sendiri. Ajak partner Anda untuk berdiskusi, tulis semua kemungkinan dan resiko dari opsi yang ada dan nilai baik-buruk dari pilihan itu lalu lakukan voting. Jika akhirnya pilihan yang kurang memuaskan yang malah terpilih, Anda perlu ikut mendukungnya.


Be prepared. Ingatlah bahwa semua tindakan dan keputusan yang diambil itu akan mempengaruhi semua pihak. Akan ada yang senang atau tidak terima. Apapun itu, Anda dan segenap tim harus siap dengan konsekuensinya. Ingatlah juga kalau Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Jika ada pihak yang tidak setuju, Anda dan segenap tim perlu menjelaskan dengan jelas dan halus kepada mereka mengenai fakta dan poin yang sudah dipertimbangkan. Yang terpenting adalah menjadi relasi antara kalian, perusahaan dan pihak karyawan terdampak.


Let's all do and hope for the best. Stay Safe everyone!


#WeAreInThisTogether


© 2020 by Impactfind.

Our Group

ImpactFirst

Follow Us on:

  • LinkedIn
  • Instagram
  • Facebook