• Impactfind

Biaya Apa Saja Yang Perlu Dihentikan Selama Pandemic COVID-19

Pandemik COVID-19 membuat kondisi perekonomian melemah dan berimbas tidak menguntungkan bagi sebagian bidang usaha seperti transportasi, otomotif, pariwisata keuangan, konstruksi, pertambangan. Meskipun demikian, bukanlah mustahil untuk tetap bisa mendapatkan penghasilan di tengah kondisi ini. Namun sebelum itu, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk mempertahankan perusahaan agar tetap berjalan. Caranya adalah dengan melakukan penghematan, mengurangi atau menekan biaya pengeluaran. Berikut adalah beberapa cara yang juga kami lakukan:


Pengurangan biaya upah karyawan. Hal ini bukan berarti melakukan pemotongan gaji karyawan karena hal itu tidak dibenarkan secara hukum (baca peraturan mengenai upah karyawan disini). Yang dapat dilakukan adalah tidak membayarkan upah bonus, kenaikan gaji, tunjangan tidak tetap


Memilah kebutuhan menjadi primer dan sekunder. Telusuri laporan keuangan Anda dan kelompokkan biaya-biaya berdasarkan kategori berikut:

  • Primer - Ini adalah biaya yang pasti harus dikeluarkan supaya penjualan atau produksi dapat berlanjut (contoh: bahan pokok)

  • Sekunder - Biaya yang sebenarnya perlu dikeluarkan tapi bisa diganti dengan alternatif yang lebih murah


Dari sini Anda jadi tahu apa saja yang perlu dibayar, apa yang perlu diganti dengan alasan ekonomis, dan apa yang sebenarnya tidak diperlukan.


Pemecatan. Salah satu komponen yang memerlukan paling banyak biaya dalam sebuah perusahaan adalah karyawan. Ini mungkin merupakan cara yang paling dihindari.Tapi kita perlu bijak dan rasional ditengah kondisi ini. Kami menyarankan untuk memilah-milah siapa saja yang bisa dipecat terlebih dahulu berdasarkan pertimbangan dibawah ini:


  • 30% pertama pada karyawan dengan performa kerja rendah dan tidak mengemban visi yang sama dengan perusahaan. Perlu diingat bahwa Anda perlu jeli dan berhati-hati ketika mereview laporan performa karyawan, telusuri apa penyebab dari performa yang rendah itu. Jika memang tidak menemukan alasan yang bisa diterima atau rasional, maka merekalah yang paling pertama perlu dipecat. Soal visi, Anda bisa mengetahuinya dengan melihat bagaimana cara karyawan itu bekerja, apakah ada semangat juang atau hanya sekedar bekerja untuk mendapatkan penghasilan.

  • 20% pada karyawan yang handal secara teknis tapi tidak bisa melihat visi perusahaan. Mereka memang jago soal kerjaan, tapi mereka tidak memiliki visi dan tujuan yang sama. Biasanya karyawan seperti ini akan dengan mudahnya memilih untuk pindah jika mendapat tawaran lebih menjanjikan dari perusahaan lain.

Anda mungkin ada yang penasaran; bagaimana dengan mereka yang tidak skillfull dalam pekerjaan tapi memiliki visi yang sama dengan perusahaan? Kami menyarankan untuk tetap mempertahankan karyawan seperti itu. Mengapa? Karena merekalah yang akan bertahan dalam kondisi apapun. Keahliah bisa dipelajari, tapi soal visi tidak.


Selain itu, jika saat ini keadaan membuat kendali ada ditangan Anda, bisa saja di masa depan keadaan berubah dan membuat mereka yang punya kendali. Disaat seperti itu, merekalah yang akan tetap ada dan setia membantu Anda karena mereka percaya dengan visi dan misi Anda.


Meminta keringanan dalam membayar hutang. Hal lain yang dapat dilakukan adalah menghubungi supplier atau pihak yang Anda hutangi untuk meminta keringanan pembayaran atau penundaan pembayaran. Hal ini juga diterapkan kepada klien Anda. Tawarkan keringanan bagi mereka agar pembayaran tetap tepat waktu meskipun hanya sedikit.


Mencari investor. Bukan tidak mungkin jika Anda bisa mendapatkan suntikan dana ditengah pandemi ini. Ada banyak bukti nyata dari perusahaan yang masih mendapatkan kucuran dana dari investor berkat produk dan perusahaan mereka yang dinilai menjanjikan bagi para investor. Bagi mereka, pandemi hanyalah salah satu dari jutaan tantangan yang bersifat sementara, bisnis harus terus berputar.


Berinovasi. Dari pada fokus pada produk yang belum tentu terjual di tengah pandemi ini, Anda lebih baik berpindah fokus untuk menciptakan produk lama dengan inovasi baru yang jelas akan mendatangkan penghasilan.


Kami berharap artikel ini berguna bagi Anda dan dapat diaplikasikan dalam usaha Anda. We’re in this together!


Ayo ikut berkontribusi dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang di PHK dengan memposting lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan Anda di app.impactfind.org #SharingForCaring #LendAHand #SharingIsCaring


Call us at

(021) 5020-3020

Our Group

Impactfirst

Resources

Job Descriptions

Company Policies

HR Email Templates

Blog

Follow Us on:

© 2020 by Impactfind.

  • LinkedIn
  • Instagram
  • Facebook