• Impactfind

Bagaimana Freelancer Bisa Jadi Solusi Bagi Usaha Anda Selama COVID-19

Updated: Apr 30, 2020

Selama berlangsungnya COVID-19, remote working menjadi satu-satunya cara bekerja bagi sebagian atau bahkan bagi hampir seluruh orang. Banyak tantangan yang dihadapi karena ini merupakan hal yang baru bagi mereka yang tidak terbiasa bekerja dari rumah. Karena itu, penting untuk belajar dari para pekerja freelance agar bisa beradaptasi dengan situasi ini.


Membahas soal pekerja freelance, ternyata ada banyak sekali manfaat dari bekerja sama dengan mereka. Apa saja keuntungannya?


Fleksibilitas dan keahlian khusus

Pekerja freelance bersifat fleksibel dalam pekerjaan maupun kontrak kerja, mereka sanggup memenuhi permintaan pekerjaan mendadak jika dibutuhkan, dan juga memiliki keahlian khusus yang terkadang tidak dimiliki oleh karyawan tetap


Minim resiko

Karena statusnya yang bukan karyawan tetap, perusahaan bisa kapan saja menyudahi hubungan kerja dengan mereka. Perusahaan juga tidak perlu menyediakan benefit karyawan seperti asuransi/ tunjangan ataupun pesangon.


Ekonomis

Mempekerjakan freelancer bisa mendukung perusahaan Anda untuk menghemat biaya. Pekerja freelance tidak akan menuntut perusahaan untuk memenuhi kebutuhan layaknya karyawan tetap seperti ruang kerja, tunjangan, bonus, asuransi, pesangon dan peralatan bekerja.


Minim tanggung jawab dan supervisi

Seorang pekerja freelance terkenal dengan keahliannya dalam mengelola pekerjaan mereka secara profesional tanpa supervisi atau arahan yang mendetail. Mereka terbiasa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu dan mampu menyelesaikannya tepat waktu. Perusahaan juga tidak perlu menguruskan persoalan pajak karena mereka sendiri yang akan mengurusnya.


Kualitas kerja yang tinggi

Pekerja freelance sangat menjunjung tinggi hubungan kerja sama dengan klien nya, yaitu dengan cara memberikan hasil kerja berkualitas tinggi. Hal ini karena mereka mengerti bahwa jika klien puas dengan hasil yang mereka berikan, bisa jadi ada retensi.


Worldwide reach

Berbeda dengan karyawan tetap, freelancer tidak harus bekerja dalam kantor perusahaan Anda. Saat anda merekrut karyawan tetap yang berasal dari luar kota, Anda harus siap dengan konsekuensi membiayai dana relokasi karyawan itu. Sedangkan freelancer dapat bekerja dari mana saja mereka berada. Minim supervisi dan kualitas hasil yang maksimal membuat Anda tidak perlu khawatir jika tidak harus tatap muka atau bertemu secara fisik.


Cocok untuk proyek jangka pendek

Karena merupakan pekerja lepas dengan kualitas jempolan, mereka cocok untuk proyek jangka pendek. Tidak ada kewajiban apapun selain membayarkan upah sesuai perjanjian kerja diawal setelah proyek selesai.


Freelancer Solusi Bisnis Selama COVID-19

Dengan situasi pandemi yang tidak menentu dan pemasukan yang berkurang, ada untungnya merekrut mereka jika perusahaan masih butuh tenaga kerja tambahan tapi dengan biaya yang cenderung minim.


Jika membutuhkan pekerja freelance, Anda bisa dengan mudah mencarinya lewat kenalan orang terdekat atau situs pencari freelancer dibawah ini:


  1. Sribulancer Situs yang berasal dari Indonesia ini merupakan situs pencari freelancer terbaik di tahun 2020. Tujuannya adalah untuk mempertemukan para pekerja lepas dengan pekerjaan impian mereka. Soal kredibilitas tidak usah diragukan lagi karena ada peraturan kerjasama yang harus diikuti oleh kedua belah pihak untuk menghindari kerugian atau kecurangan dari salah satu pihak.

  2. Projects.co.id Situs ini sedikit berbeda dari situs lainnya karena disini ada satu fitur afiliasi untuk proyek yang sedang berlangsung dan freelancer bisa mengajak temannya untuk menjadi rekan kerja. Anda bisa mendapatkan lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan untuk proyek perusahaan Anda.