• Impactfind

Bagaimana Freelancer Bisa Jadi Solusi Bagi Usaha Anda Selama COVID-19

Updated: Apr 30

Selama berlangsungnya COVID-19, remote working menjadi satu-satunya cara bekerja bagi sebagian atau bahkan bagi hampir seluruh orang. Banyak tantangan yang dihadapi karena ini merupakan hal yang baru bagi mereka yang tidak terbiasa bekerja dari rumah. Karena itu, penting untuk belajar dari para pekerja freelance agar bisa beradaptasi dengan situasi ini.


Membahas soal pekerja freelance, ternyata ada banyak sekali manfaat dari bekerja sama dengan mereka. Apa saja keuntungannya?


Fleksibilitas dan keahlian khusus

Pekerja freelance bersifat fleksibel dalam pekerjaan maupun kontrak kerja, mereka sanggup memenuhi permintaan pekerjaan mendadak jika dibutuhkan, dan juga memiliki keahlian khusus yang terkadang tidak dimiliki oleh karyawan tetap


Minim resiko

Karena statusnya yang bukan karyawan tetap, perusahaan bisa kapan saja menyudahi hubungan kerja dengan mereka. Perusahaan juga tidak perlu menyediakan benefit karyawan seperti asuransi/ tunjangan ataupun pesangon.


Ekonomis

Mempekerjakan freelancer bisa mendukung perusahaan Anda untuk menghemat biaya. Pekerja freelance tidak akan menuntut perusahaan untuk memenuhi kebutuhan layaknya karyawan tetap seperti ruang kerja, tunjangan, bonus, asuransi, pesangon dan peralatan bekerja.


Minim tanggung jawab dan supervisi

Seorang pekerja freelance terkenal dengan keahliannya dalam mengelola pekerjaan mereka secara profesional tanpa supervisi atau arahan yang mendetail. Mereka terbiasa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu dan mampu menyelesaikannya tepat waktu. Perusahaan juga tidak perlu menguruskan persoalan pajak karena mereka sendiri yang akan mengurusnya.


Kualitas kerja yang tinggi

Pekerja freelance sangat menjunjung tinggi hubungan kerja sama dengan klien nya, yaitu dengan cara memberikan hasil kerja berkualitas tinggi. Hal ini karena mereka mengerti bahwa jika klien puas dengan hasil yang mereka berikan, bisa jadi ada retensi.


Worldwide reach

Berbeda dengan karyawan tetap, freelancer tidak harus bekerja dalam kantor perusahaan Anda. Saat anda merekrut karyawan tetap yang berasal dari luar kota, Anda harus siap dengan konsekuensi membiayai dana relokasi karyawan itu. Sedangkan freelancer dapat bekerja dari mana saja mereka berada. Minim supervisi dan kualitas hasil yang maksimal membuat Anda tidak perlu khawatir jika tidak harus tatap muka atau bertemu secara fisik.


Cocok untuk proyek jangka pendek

Karena merupakan pekerja lepas dengan kualitas jempolan, mereka cocok untuk proyek jangka pendek. Tidak ada kewajiban apapun selain membayarkan upah sesuai perjanjian kerja diawal setelah proyek selesai.



Dengan situasi pandemi yang tidak menentu dan pemasukan yang berkurang, ada untungnya merekrut mereka jika perusahaan masih butuh tenaga kerja tambahan tapi dengan biaya yang cenderung minim.


Jika membutuhkan pekerja freelance, Anda bisa dengan mudah mencarinya lewat kenalan orang terdekat atau situs pencari freelancer dibawah ini:


  1. Sribulancer Situs yang berasal dari Indonesia ini merupakan situs pencari freelancer terbaik di tahun 2020. Tujuannya adalah untuk mempertemukan para pekerja lepas dengan pekerjaan impian mereka. Soal kredibilitas tidak usah diragukan lagi karena ada peraturan kerjasama yang harus diikuti oleh kedua belah pihak untuk menghindari kerugian atau kecurangan dari salah satu pihak.

  2. Projects.co.id Situs ini sedikit berbeda dari situs lainnya karena disini ada satu fitur afiliasi untuk proyek yang sedang berlangsung dan freelancer bisa mengajak temannya untuk menjadi rekan kerja. Anda bisa mendapatkan lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan untuk proyek perusahaan Anda.

  3. Freelancer Indonesia Berasal dari Australia, situs satu ini juga populer di kalangan freelancer di Indonesia. Anda bisa dengan mudah mencari pekerja lepas. Keunggulannya adalah deskripsi pekerjaan dan bidang pekerjaan yang terperinci untuk memudahkan pencarian Anda.

  4. Sribu Merupakan anak perusahaan Sribulancer, satu dari pilihan yang patut dicoba untuk mencari pekerja lepas di bidang desain.

  5. Upwork Kelebihan situs satu ini adalah minim pemalsuan post pekerjaan atau data pekerja lepas. Ada dua tipe pengguna yaitu gratis dengan akses terbatas dalam sebulan, dan menjadi pengguna dengan akses tanpa batas.

  6. 99designs.com Situs pencari freelancer bertaraf internasional ini khusus bagi Anda yang mencari pekerja lepas di bidang desain. Mirip dengan situs Sribu, yang menjadi pembeda adalah Anda bisa langsung melihat portofolio calon freelancer Anda.

  7. app.impactfind.org Merupakan platform pencari pekerja yang berasal dari Indonesia dan bukan hanya untuk freelancer saja. Platform ini merupakan aplikasi berbasis web yang mudah digunakan dengan fitur-fitur praktis didalamnya.


Jika Anda ingin mempekerjakan seorang freelancer, ada baiknya mengerti peraturan dan undang-undang mengenai kerjasama ini


Ketentuan mengenai aturan kerja karyawan freelance diatur dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep-100/Men/VI/2004 Tahun 2004 tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Disebut juga dengan KEPMEN No. 100 Tahun 2004, kebijakan ini merupakan pelaksanaan dari Undang-undang Ketenagakerjaan tentang PKWT. Di dalamnya juga membahas mengenai Perjanjian Kerja Harian Lepas.


Dengan kata lain, apabila mengacu pada KEPMEN, Perjanjian Kerja Harian Lepas sebetulnya merupakan bagian dari PKWT. Hanya saja, ada beberapa bagian dari Perjanjian Kerja Harian Lepas yang tidak menganut ketentuan umum PKWT. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:


  • Perjanjian Kerja Harian Lepas hanya berlaku untuk pekerjaan tertentu yang waktu waktu dan volume pekerjaannya berubah-ubah, dengan penghitungan upah yang didasarkan pada waktu, volume pekerjaan, dan kehadiran pekerja dalam satu hari.

  • Perjanjian Kerja Harian Lepas berlaku apabila karyawan bekerja kurang dari 21 hari dalam satu bulan.

  • Jika karyawan bekerja selama 21 hari atau lebih dari tiga bulan secara berturut-turut, maka status karyawan akan berubah menjadi PKWT.


Penghitungan Upah Karyawan Freelance

Sesuai dengan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa besarnya penghitungan upah yang didapat oleh karyawan freelance biasanya didasarkan pada volume pekerjaan yang telah diselesaikan dalam satu hari. Selain volume pekerjaan, kehadiran juga menjadi pertimbangan lain dalam penghitungan upah karyawan freelance.


Jumlah upah per hari ini tentunya bisa berbeda-beda pada tiap perusahaan. Semua tergantung kembali pada kebijakan dan perjanjian masing-masing yang telah disetujui baik oleh perusahaan dan karyawan freelance.


Cara Menghitung Pajak Karyawan Freelance


Berdasarkan peraturan perpajakan, jika pekerja lepas atau pekerja tidak tetap tidak mendapat bayaran yang melebihi Rp4.500.000 dalam sebulan, maka ia akan dibebaskan dari pembayaran PPh 21. Agar lebih jelasnya lagi, berikut beberapa ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah:


  • Karyawan tidak tetap tidak dibebankan pemotongan PPh 21 apabila penghasilan sehari tidak lebih dari Rp300.000.

  • Potongan pajak baru berlaku apabila karyawan tidak tetap memiliki penghasilan lebih dari Rp450.000 dalam sehari.

  • Jika karyawan tidak tetap mendapat penghasilan kumulatif lebih dari Rp4.500.000 dalam sebulan, jumlahnya akan dikurangkan dari penghasilan bruto.

  • Jika dihitung berdasarkan rata-rata penghasilan, maka satuan yang berlaku adalah upah mingguan, upah satuan, atau upah borongan untuk setiap pekerjaan yang dilakukan.


Jadi, sudah siap merekrut freelancer?

© 2020 by Impactfind.

Our Group

ImpactFirst

Follow Us on:

  • LinkedIn
  • Instagram
  • Facebook